Thursday 28 January 2016

Tentang Purging / Adaptasi Dan Breakout Beserta Cara Menguranginya



Purging, kata yang satu ini pasti sering diucapkan oleh Beauty Advisor ketika mempromosikan skincare yang mereka jual dan reaksi ini juga yang bakalan kita dapetin pas coba skincare baru. Ini normal?

"Purging itu reaksi kulit mengeluarkan racun dan kotoran, detox gitu, nanti setelah purging selesai bakalan bagus mbak / mas kulitnya", gitu kata yang terucap dari BA ketika kita cuma ngeliat skincare yang mereka jual. Sebenarnya sih purging itu mitos, iya "Mitos". Kenapa? Soalnya yang namanya mengeluarkan racun dan kotoran atau detox itu fungsi dari Liver dan Hati, inget ya. Sedangkan kalau kulit ngeluarin reaksi jerawat, whitehead, komedo, sebaceous filament tambah banyak, tambah berminyak dll, tandanya mereka sedang perang buat mempertahankan benteng.

Nah, biasanya kita sering mengabaikan kesan pertama suatu skincare pas dioles / di apply dimuka. Padahal, dengan ngeliat / ngerasain kita bisa tahu kedepannya apakah kita bakalan cocok dengan skincare ini atau malah bikin breakout.

Makanya, daripada saya bilang "purging" lebih ngena di hati itu "adaptasi". Gejala gejala yang saya alami pada saat adaptasi vs breakout akan saya jabarin :

::. Siklus Sebulan .::
Biasanya, skincare yang saya pake itu kadang bisa cepet adaptasinya kadang bisa lama. Selama sebulan kalau belum "bener" juga mukanya, ya udah pasrah kalau emang gak cocok. Kalau adaptasi biasanya seminggu atau 2 minggu selesai dan itupun cuma mengeluarkan jerawat tipe lemak aja, semacam jerawat batu / cystic acne, syukur sekarang gak pernah dapet. Dulu emang langganan setiap coba skincare baru, pasti ada cystic acne 1 biji dan tempat favorit di hidung, tulang pipi dan jidat. Heran kenapa dia muncul ditempat yang susah dipencet pencet :(. Kok saya bisa cepet sih adaptasinya dan enak enak jerawatnya muncul whitehead doang, nanti di sesi cara menguranginya bakalan dijelasin.

::. Gejala .::
Biasanya kalau timbul jerawat adaptasi itu, kita nggak ngerasa apa apa. Gak kerasa ada jerawat gede di area muka. Enjoy aja gitu. Kecuali emang ngeraba atau pencet dikit, baru berasa deh ngebet / pegel. Gatel gatel pas jerawat adaptasi juga enggak sama sekali.
Nah, beda sama jerawat breakout. Ini enggak dipegang pun udah berasa ngebet / pegel. Gatel gatel, pokoknya ya parah.

Lalu gimana dengan kondisi saya waktu pake produk dengan komposisi snail mucin? Ini fotonya :



Itu jerawat lemak udah nongkrong gratis, komplotannya juga banyak. Nah itu kasusnya udah lebih dari 2 bulan (terhitung dari beli si CosRX bulan November dan dipake awal Desember sampai Januari) muncul jerawat lemak gitu tiap pake. Oke, kali ini saya nyerah. Rupanya emang muka ini gak bisa dipaksain pake snail lagi maupun skincare yang ada snailnya :'(

Akhirnya saya berhenti aja dan taraaa....berkurang jerawat lemaknya. Kalau udah lewat dari sebulan ya namanya udah gak cocok, apalagi ya tiap pake muncul terus jerawat lemaknya.

UPDATE 4 FEBRUARI 2016
Saya udah cek beberapa komposisi yang ada, ternyata whitehead yang muncul di wajah saya itu karena Carbomer. Bersyukur ternyata ada produk snail mucin ada yang tidak mengandung Carbomer yaitu Benton Snail.

Lanjut tips dan trik dari saya untuk mengurangi adaptasi serta mempercepatnya (kalau bisa) :

1. Gunakan skincare pH Balance
Bukan bermaksud spokesperson buat beli skincare merk tertentu, tapi emang ini berguna banget. Selain menjaga acid mantle yang sedang perang, juga menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes.
Saya menganut hastag #pH_balance_skincare_journey_for_healthy_skin.

2. Pola Hidup Sehat
Ini salah satu yang membantu banget. Olahraga ringan seperti pekerjaan ibu rumah tangga (nyuci,ngepel, ngegosok dll) juga membantu. Makanya jangan heran wajah mereka biasanya jarang dihinggapi jerawat. Selain itu pola tidur juga jangan terlampau malam. Ya pokoknya hidup yang sehat aja udah.

3. Frekuensi Pemakaian
Maksudnya, kalian bisa pake suatu skincare tapi enggak setiap hari. Kayak gini deh, sehari biasanya pake serum 2x, karena takut adaptasi kalian bisa lompat lompat pemakaiannya misalnya Senin pake pagi malam, selasa libur, Rabu pake pagi malam, kamis libur dan begitu seterusnya sampai dirasa ada perubahan. Kalau tambah parah ya kurangi frekuensinya jadi sehari 1x.
Gimana dengan skincare yang mengandung actives seperti asam BHA, AHA dan Vitamin C maupun Tretinoin / asam Retinoat? Ini bisa kalian pake seminggu 4x alias dalam seminggu hanya pake 2 hari misalnya hari Senin dan Kami saja, nanti kalau sudah membaik bisa ditingkatkan frekuensinya. Biasanya skincare yang seperti masker clay / mud itu jarang menimbulkan adaptasi kecuali pHnya terlalu tinggi.

terakhir adalah..
4. Hindari bercermin
kecuali saat wanita sedang makeup. Biasanya ini bikin down, jadi pecahin aja kacanya. Biar ramai

Itu dia pengertian dari adaptasi serta beberapa tips dan trik dari saya untuk mengurangi adaptasi. Semoga membantu dan bermanfaat ya

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)