Saturday 28 November 2015

First Impression : Bioderma Sensibio H2O Cleansing Water / Micellar


 Halo people! Tumben tumben banget nih Celoteh Centil update berturut-turut dalam dua hari. Ada apakah gerangan?



Ini dia yang bikin saya tergugah untuk bikin post lagi:


Bioderma Indonesia mengirimkan saya sample Bioderma Sensibio H2O Cleansing Water/Micellar gratis, hasil dari sebuah event yang saya ikut lewat forum femaledaily.com . Di bagian depan kemasan yang saya terima ada tulisan nama dan badge 'Best Makeup Cleanser 2014') dari femaledaily.com dan keterangan lain terkait produk. Produk ini memang sempat memenangkan award tersebut dari femaledaily.com tahun lalu, saya sempat baca artikelnya. Kebetulan, hari ini saya sedang berdandan cukup 'tebal' untuk sebuah acara. Jadi, timingnya pas banget untuk nyobain micellar water ini.

Apasih Bioderma Sensibio H2O Cleansing Water/Micellar? Berikut saya ambil dari website Bioderma Indonesia:

Sensibio H2O adalah produk cairan micellar dermatologis pertama dan satu-satunya yang sempurna untuk kulit: ester asam lemak dan kandungan elemen-elemen micelle-nya mirip dengan fosfolipid membran sel kulit dan secara alami akan menumbuhkan kembali lapisan hidrolipid kulit.

Micellar water itu sendiri apa sih?
Micellar water fungsinya serupa dengan milk cleanser / makeup remover namun dengan formula yang dibuat sedemikian rupa agar terasa lembut dan ringan seperti air biasa / toner. Micellar water biasanya diformulasikan dengan sangat lembut, memiliki tekstur dan warna seperti air / toner. Tapi toner BUKAN micellar water dan sebaliknya, micellar water juga BUKAN toner lho ya. Untuk penjelasan lebih jelas tentang micellar water, saya menemukan post ini di blog labmuffin.com (diposting dalam bahasa Inggris) yang menjelaskan cara kerja micellar water.

Begini isi dari sampel yang saya terima, isinya 10 ml dalam kemasan plastik tebal yang cukup kokoh, seperti plastik kemasan pil, kalau mau dibuka tinggal dipotek bagian ujungnya.



Ini detail bagian belakang kemasan tersebut, isinya penjelasan produk dalam beberapa bahasa.


Yang saya ngerti sih, cuma yang bahasa Inggris doang, hehehe. Di sini juga ada keterangan bahwa produk ini dibuat di prancis (tulisan 'made in france'). Di ujung bawah plastik kemasan ada kode produksi dan bulan expired product, yang dikirimkan ke saya ini expired bulan 10 tahun 2017, mungkin ngga terlalu jelas ya di foto (doakan saya dapat rejeki untuk punya kamera yang lebih bagus ya, supaya kalo upload foto makin jelas hehehe), tapi di kemasan yang saya terima tertulis 10/17.

Kalau ini detail bagian belakang tempat sampel dalam plastik ini tertempel.


Di bagian ini ada keterangan cara penggunaan dan ingredients / komposisi produk ini. Ada juga keterangan lain terkait penjelasan produk dan informasi laman jejaring sosial Bioderma Indonesia. Untuk lebih jelasnya, keterangan cara pakai dan komposisinya saya perbesar di gambar di bawah ini:


Dari website Bioderma Indonesia sendiri, ini petunjuk pemakaiannya:

Pagi dan/atau malam – 7 hari per minggu
  • Tuang Sensibio H2O pada kapas
  • Dengan gerakan lembut bersihkan dan/atau hapus sisa riasan dari wajah dan mata Anda.
  • Lakukan terus hingga kapas menjadi bersih dari sisa kotoran.
  • Tepuk-tepuk ringan wajah Anda dengan handuk lembut.
Nah, bagaimana performa dari micellar water keluaran Bioderma ini di kulit saya?
Makeup yang saya gunakan hari ini terdiri dari primer Too Faced primed and poreless, concealer LA Girl, mascara Inez, cheek & lip tint The Face Shop aqua tint, lipstik Rimmel Kate Moss Matte Finish, blush on viva, two way cake Inez dan translucent setting powder Red A. Lumayan banyak ya? Oleh karena itu, saya tidak terkejut ketika saya harus menggunakan banyak kapas untuk mengangkat semua 'dempul' itu.

Berikut saya tunjukkan kapas-kapas yang saya gunakan untuk membersihkan makeup dengan Micellar dari Bioderma:


Saya menggunakan kapas merek Selection seri lapis tipis. Total ada 4 buah kapas, di foto di atas saya letakkan di bagian atas, yang saya gunakan untuk keseluruhan wajah (saya menggunakan kedua sisi kapas, soalnya saya agak pelit hehehe) dan ada 2 kapas untuk leher saya. Cukup banyak juga ya? Tetapi walaupun saya mengulas sekian banyak kapas yang dibasahi dengan micellar dari Bioderma ini ke wajah saya, kulit wajah saya tidak terasa perih lho! Bahkan untuk daerah mata saya yang cenderung sensitif terhadap gosokan kapas.

Dalam ulasan pertama, micellar bioderma sukses mengangkat keseluruhan lipstik saya, dan dibutuhkan 2-3 kali ulas utuk mengangkat mascara saya sampai benar-benar tidak ada jejak mascara di kapas yang saya gunakan. Untuk saya, ini cukup powerful dan sangat membantu meminimalisir gesekan/ulasan kapas pada area mata dan bibir saya yang cenderung sensitif.

Nah untuk keenam kapas yang digunakan bolak balik tersebut, kemasan 10ml ini lebih dari cukup, lho. Masih ada sisa kurang lebih segini (lihat garis putus-putus warna pink)


Setelah penggunana micellar water dari Bioderma ini, sebenarnya tidak perlu dibilas. Tapi saya terbiasa untuk mencuci muka lagi setelah membersihkan make up, untuk memastikan bahwa wajah saya sudah bersih sempurna. Sebelum dicuci, kulit saya agak terasa lengket, tapi tidak terlalu lengket yang membuat saya gerah dan merasa harus mencuci saya dengan segera. Saya mencuci muka dengan Hadalabo Gokujyun Foaming face wash setelah membersihkan makeup saya, dan tidak ada residu micellar Bioderma atau perasaan licin yang terasa di wajah saya.

Kesimpulan dari pengalaman saya dengan sampel Bioderma Sensibio H2O Cleansing Water ini adalah, saya menyukainya! Saya rasa ini cocok untuk digunakan sebagai first cleanser, untuk membersihkan makeup yang tebal sekalipun, namun memang penggunaannya memerlukan kapas yang tidak sedikit. Saya juga merasa micellar dari Bioderma ini cocok untuk kulit saya yang cenderung normal-kering, tidak membuat kulit saya terasa kering berlebihan ataupun perih karena banyak usapan kapas. Namun memang membutuhkan cukup banyak produk untuk membersihkan wajah dari makeup yang saya pakai secara tuntas. Saya rasa, jika makeup yang kamu gunakan lebih sedikit dari saya, kapas dan produk yang kamu habiskan akan lebih sedikit.

Terima kasih atas kesempatannya mencoba produk ini ya, Bioderma Indonesia! saya menyukai produk ini dan mempertimbangkan untuk membeli full size productnya di masa yang akan datang.

Kamu bisa mendapatkan produk ini secara offline di drugstore seperti Guardian dan Watsons yang banyak terdapat di pusat-pusat perbelanjaan, harganya seingat saya 250.000 untuk kemasan 250ml dan 120.000 untuk kemasan 100ml. Sociolla.com saat ini juga sedang mengadakan promo bundle pack sensibio h20 yang berisi sample eye cream, moisturizer serta micellar water 100ml dengan harga 99ribu saja!

Pros:
+ tidak perih di kulit walaupun diulas dengan banyak kapas
+ tidak meninggalkan kesan lengket yang berlebihan
+ tidak meninggalkan residu setelah dibersihkan dengan facial foam
+ mudah ditemukan baik online maupun di drugstore di mall-mall.

Cons:
- menghabiskan banyak kapas dan cukup banyak produk untuk makeup yang saya gunakan
- harganya cukup mahal, sekitar 100ribu lebih untuk kemasan 100ml nya

XOXO,

dede

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)