Monday 28 September 2015

Please, Ya, Sunscreen Itu Penting


 Hai, gw randy yang kali ini akan ngebahas tentang sunscreen dalam Beauty Topics kali ini


Jam udah nunjukkin pukul 12.00. Satu jam lagi lo kuliah. PR banget, nggak, sih, kuliah pukul segitu?
Pakaian udah rapi, baju (atau kerudung) udah oke, muka juga udah kece. Lo ngaca sekali lagi sebelum keluar kosan dan akhirnya berangkat ke kampus. Di tengah jalan, lo ngerasa tangan lo panas tapi lo nggak peduliin itu. Hidup lo fun dan fine aja seharian itu. Maaf banget, nih, ya, gue mau ngerusak hidup lo dengan sebuah fakta: terpaan sinar matahari bisa ngerusak kulit lo.

 “Ya elah. Lebai banget, sih!” timpal lo pas baca tulisan di atas.

Cuy, sinar UV tuh nggak sebaik yang lo pikirin. Oke bener dia bantu sintesis vitamin D dan secara keseluruhan berguna buat kita, tapi kelamaan berjemur di bawahnya juga nggak bagus, apalagi kalo lo tipe orang yang sayang sama kulit. Gue nggak perlu, lah, ya jelasin panjang lebar tentang jenis-jenis sinar UV (contekan: UVA, UVB, UVC) dan marah-marah nggak jelas nyuruh lo make sunscreen warna putih yang teksturnya tebel dan bikin lengket. Kita duduk bareng aja sambil ngopi-ngopi, oke

Begini, lho. Pernah, kan, ngerasain panas di kulit kalo panas-panasan? Itu tuh sebenernya tanda kalo kulit lo lagi dirusak oleh sinar UV. Sinar UV itu nembus kulit dan ngerusak dia dari dalam. Efek pertamanya ya rasa panas tadi. Kalo nasib lo malang, kemungkinan lo bisa kena luka bakar akibat sengatan matahari (sun burn). Bagi yang peduli dengan kesehatan kulit, sinar UV bisa mempercepat penuaan. Kaget? Harusnya lo nggak boleh kaget lagi karena informasi ini udah basi banget dan menjamur di mana-mana.

Sayang banget, attitude orang terhadap sunscreen masih jelek. Sunscreen tuh dilabeli sebagai barang yang bikin ribet dan orang lebay doang yang make. Kalo cewek make sunscreen, niscaya dia dibilang genit. Kalo cowok make sunscreen..., silakan tebak sendiri. No comment. Cukup kebayang, kan? Sunscreen seolah nggak masuk daftar produk perawatan kulit yang mesti dipake.

Gue bilang begitu, tapi sebenernya harus gue akui sunscreen itu bukan segalanya. Lo nggak bisa cuma ngandelin sunscreen. Gue pribadi lebih suka pake pakaian tertutup dan tinggal di dalam ruangan. Selain itu, pola makan juga gue jaga soalnya percuma juga lo make sunscreen tapi asupan lo nggak bagus. Ribet, kan? Ngerasa hidup lo yang fun dan fine itu terganggu, nggak?

Kalo pada akhirnya lo memutuskan untuk make sunscreen, sorry lagi sunscreen nggak sesederhana makan sosis yang ‘tinggal lep.’  Faktanya, sunscreen itu kaya makan pepes ikan mas yang durinya se-RT tapi kalo telaten rasanya maknyus.  Pokoknya sih, sunscreen harus diaplikasiin 10-15 menit sebelom panas-panasan. Makenya juga jangan irit-irit dan harus rata. Selain itu juga jangan digosok tapi diusap pelan aja sampe rata. Kalo lo bukan polisi lalu lintas yang kerjaannya di bawah terpaan sinar matahari, sunscreen yang lo pake dari pagi masih bagus, kok. Dia cuma mesti diaplikasiin ulang kalo lo keringetan luar biasa dan basah-basahan.

Bahan sunscreen juga penting lho. Intinya, pake bahan apa pun yang lo suka asalkan, please banget, jauhi sunscreen yang mengandung ethylhexyl methoxycinnamate atau octyl methoxycinnamate, titanium dioxide, dan zinc oxide yang digabung dengan butyl methoydibenzoylmethane atau avobenzone. Avobenzone ini aslinya nggak stabil. Kehadiran ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, dan zinc oxide. bakal mempercepat degradasinya. Lucunya, hampir semua produk swalayan tuh menggabung mereka semua (gue ngeliat ke lo, Pond’s).  Sunscreen-nya Ristra dan Wardah juga gitu. Pokoknya banyak produk lokal yang gitu Sedih, kan? Tenang, jangan khawatir. Masih banyak sunscreen yang waras. Kuncinya, baca ingredient list aja. 

Untuk brand korea sendiri, Skinfood dan The Face Shop harap dihindari atau bahkan tidak usah dibeli karena menggunakan paduan bahan avobenzone (BM) dan EM

Sekarang lo udah tahu kenapa sunscreen itu sebaiknya nggak dilewati apalagi dihakimi. Sunscreen itu bukan barang yang bikin genit atau lebay. Dia itu sesuatu yang wajar. Kalau pun lo memutuskan untuk nggak make sunscreen—yang mana merupakan hak lo— pastikan lo menghindari panas-panasan dan keluar seperlunya aja di siang bolong.

.... Kopinya bayar, tuh.


4 comments:

  1. Halo rend, duh postingannyaaa.. wkwk

    Gw udah sadar akan pentingnya sunscreen kok. Gw rajin pake dan ngerasa kurang kalo keluar rumah gk pake sunscreen. Gw sblmnya pake wardah, dan skrg pake akin aqua (duh, mana boks nya udh kebuang jadi gak bisa baca ingredients nya) >.<

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiii. Jangan ngaku junkie kalo ga ngindarin UV, Sherl! =9

      Delete
  2. wah keren banget postingannya. pas selesai baca langsung gumam "ooooooh..." haha keren!

    ReplyDelete
  3. hi, salam!
    saya kesasar dan nemu post sebagus ini
    nah krn sy buta banget soal chemical ingredients saya barusan purchase vaseline healthy sunblock. cek per cek dia punya metoxycinnamate + zinc oxide + sodium benzoate.
    saya gak nemu avobenzone but i found sodium benzoate. mereka itu satu turunan gak?
    dan apakah tuh vaseline sesuai dgn campaign nya yg healthy alias aman?

    kindly wait for ur reply. thanks~

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)